27 Juli 2019

Apakah Mendapatkan Pahala Orang yang Membaca Al-Qur'an dan Dia Tidak Mengetahui Makna Ayat yang Dia Baca?

Apakah mendapatkan pahala orang yang membaca Al-Qur'an dan dia tidak mengetahui makna ayat yang dia baca?

Pertanyaan:

Akun rajin membaca AL-Qur'an, akan tetapi aku tidak memahami makna-maknanya, apakah aku mendapatkan pahala dari Allah akan hal itu?

Jawaban:

Alhamdulillah..
Al-Qur'anul karim diberkahi, sebagaimana firman Allah ta'ala:

  كتاب أنزلناه إليك مبارك ليدبروا آياته وليتذكر أولو الألباب 

"Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran." (Surah Shaad: 29)

Maka seseorang akan mendapatkan pahala dari membacanya, sama saja apakah dia memahami maknanya ataukah belum. Akan tetapi, tidak selayaknya bagi seorang mukmin membaca Al-Qur'an tanpa berusaha agar dapat memahami maknanya.

Seseorang seandainya ingin belajar ilmu kedokteran misalnya, dan mempelajari buku-buku kedokteran, maka dia tidak mungkin bisa mengambil faidah dari buku tersebut sampai dia memahami maknanya dan mengetahui penjelasannya. Bahkan, dia akan semangat dengan seluruh semangat untuk memahami maknanya dengan tujuan agar dapat mempraktekkannya.

Maka, mengapa kamu dengan kitab Allah subhanahu wa ta'ala yang itu adalah obat bagi hati dan nasehat bagi manusia, membaca Al-Qur'an tanpa mentadabburinya dan tanpa memahami maknanya?

Oleh karena itu, dahulu para shahabat semoga ridha Allah selalu tercurah kepada mereka, tidak melebihi 10 ayat sampai mereka mempelajarinya dan mempelajari apa-apa yang ada di dalamnya dari ilmu dan amal.

Seseorang akan mendapatkan ganjaran dan pahala dari membaca Al-Qur'an, sama saja apakah itu memahami maknanya ataukah belum. Akan tetapi, selayaknya baginya untuk semangat dengan seluruh semangat untuk memahami maknanya dan mempelajari maknanya dari para ulama' yang terpercaya ilmunya dan amanahnya. Seandainya belum mendapatkan orang yang berilmu, maka hendaklah dia membaca buku-buku tafsir yang terpercaya seperti Tafsir Ibnu Jarir, Tafsir Ibnu Katsir, dan selain dari keduanya. Allahu a'lam

diterjemahkan dari: https://islamqa.info/ar/answers/4040/

Alih Bahasa: Abahe Yazid

Artikel: www.pelajarmuslim.org
Komentar
0 Komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar